cool hit counter

PDM Kota Cirebon - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kota Cirebon
.: Home > Lazismu Kota Cirebon

Homepage

Lazismu Kota Cirebon

A.     Latar Belakang

LAZISMU adalah lembaga nirlaba tingkat nasional yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infak, wakaf, dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya.

Berdiri pada tahun 2002 yang ditandai dengan penandatanganan deklarasi oleh Prof. Dr. HA. Syafi’i Ma’arif, MA (Buya Syafi’i) dan selanjutnya dikukuhkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional melalui SK No. 457/21 November 2002.

Latar belakang berdirinya LAZISMU atas dua faktor. Pertama, fakta Indonesia yang berselimut dengan kemiskinan, kebodohan dan indeks pembangunan manusia yang sangat rendah. Semuanya berakibat dan sekaligus disebabkan tatanan keadilan sosial yang lemah.

Kedua, zakat diyakini mampu memberi sumbangsih dalam mendorong keadilan sosial, pembangunan manusia dan mampu mengentaskan kemiskinan. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi zakat, infak, dan wakaf yang terbilang cukup tinggi. Namun, potensi yang ada belum dapat dikelola dan didayagunakan secara maksimal sehingga tidak memberi dampak yang signifikan bagi penyelesaian persoalan yang ada.

Dalam menjalankan programnya, LAZISMU memiliki Visi dan Misi diantaranya :

Visi

“Menjadi Lembaga Amil Zakat Terpercaya”

Misi

a)      Optimalisasi kualitas pengelolaan ZIS yang amanah, profesional dan transparan.

b)      Optimalisasi pendayagunaan ZIS yang kreatif, inovatif dan produktif dan

c)      Optimalisasi pelayanan donatur.

  B.     Dasar Pemikiran

1.      Perintah Zakat Harta

a.      Q.S. At – Taubah : 103 & 34 – 35

b.      Q.S.  Al – Baqarah : 177

c.       Q.S. Al – An’am : 141 – 142

d.      Q.S.  Al – Israa’ : 26

2.      Perintah Shadaqah dan Menafkahkan Harta di jalan Allah SWT

a.      Q.S. Al – Baqarah : 254 & 261

b.      Q.S. Al – ‘Imran : 92

c.       Q.S. At – Taubah : 99

d.      Q.S. Ibrahim : 31

e.      Q.S. Al – Hadiid : 7

f.        Q.S. Al – Munaafiquun : 10 – 11

 

 

 

 

C.     Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan yang dilakukan oleh LAZISMU Kota Cirebon berupa penyaluran dana zakat dan infak kepada orang yang berhak menerima zakat, berikut beberapa program unggulan LAZISMU Kota Cirebon :

1.       Gerakan Cinta Masjid

Program Unggulan LAZISMU Kota Cirebon yang di fokuskan dalam pemberian bantuan bagi kesejahteraan petugas kebersihan masjid, dan merupakan program yang jarang sekali tersentuh oleh Lembaga Zakat lainnya. Mengingat Masjid mempunyai peranan vital dalam berbagai kegiatan Ke-Islaman, sehingga kebersihan dan kenyamanan pun sangat diperlukan agar masjid berjalan sesuai dengan fungsinya. Dengan demikian, perlu adanya perhatian terhadap kesejahteraan para petugas kebersihan masjid ini. Sehingga dengan memberikan bantuan kepada mereka, kita-pun ikut serta dalam menggembirakan masjid dan mengembalikan masjid sesuai dengan fungsinya sebagai tempat untuk menjalin ukhuwah dan kasih sayang sesama muslim.

 

 

2.      Senyum Qur’an

Program Unggulan LAZISMU Kota Cirebon yang di fokuskan dalam pemberian bantuan untuk kesejahteraan bagi para guru ngaji Madrasah/Masjid, program ini merupakan program yang jarang sekali tersentuh oleh Lembaga Zakat lainnya. Mengingat sangat pentingnya peran para pendidik Qur’an ini, sehingga perlu adanya apresiasi dari masyarakat terhadap jerih payah mereka dalam mempertahankan budaya mengaji dilingkungan umat Islam, mengingat sudah semakin jauhnya anak-anak dari Qur’an. Dengan memberikan bantuan anda kepada mereka, berarti anda sudah ikut serta menjaga dan ikut melestarikan budaya mengaji bagi generasi muda Islam untuk menghadapi masa yang akan datang.

3.      Beasiswa Pendidikan

Program Unggulan LAZISMU Kota Cirebon yang di fokuskan dalam dunia pendidikan, yang diberikan kepada putra putri terbaik dan yang kurang mampu dalam mengharumkan nama bangsa dan agama. Bantuan yang anda berikan, memberikan harapan baru dan senyuman bagi mereka dalam mewujudkan cita-cita yang saat ini sedang terancang untuk diwujudkan. Secara tidak langsung andapun sudah ikut serta berpartisipasi untuk menyiapkan generasi muda Islam yang berwawasan intelektual yang siap mengangkat derajat agama Islam keranah Internasional.

4.  Peduli Musafir dan Muallaf

Program Unggulan LAZISMU Kota Cirebon yang di fokuskan dalam bidang humanity(kemanusiaan), yang diberikan kepada saudara kita yang masih lemah Iman ke-Islamanya(Muallaf) dan juga kepada saudara kita yang sedang menempuh jalan fii sabilillah dalam mencari keridhaan dari Allah SWT.(Musafir).

5.  Micro Finance Development

Micro Finance Development (MFD) adalah program pengembangan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang memiliki tugas utama memberi permodalan dan pendampingan kepada pelaku usaha mikro masyarakat. Lembaga Keuangan Mikro (LKM) ini didesain secara khusus untuk memberi permodalan usaha mikro melalui skema dana bergulir (revolving fund sceme) dengan sistem pinjaman tanggung renteng, tanpa agunan dan tanpa bunga (qordul hasan). Sistem pendampingan oleh lembaga keuangan mikro ini dilaksanakan melalui pola kelompok (community development) dengan menitik beratkan pendampingan pada pengelolaan usaha, manajemen keuangan, pembinaan keluarga dan pembinaan agama.

Inilah yang membedakan lembaga ini dengan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) lainnya yakni pola permodalan yang tanpa agunan dan tanpa bunga serta manfaat pendampingan yang terdiri atas bina usaha, bina keluarga dan bina agama.

6.  Youth Enterpreneurship Program (YES Program)

Dengan motto “Yang Muda Yang Berdaya”, YES Program bertujuan untuk membangun etos kewirausahaan generasi muda dalam tiga ranah strategis.

1.    Ranah Kognitif yaitu membangun mental dan spirit kewirausahaan generasi muda.

2.    Ranah afektif, dengan membangun kemampuan manajerial dan skill berwirausaha.

3.    Ranah psikomotorik. Yakni membangun kemampuan untuk mendirikan dan mengelola wirausaha dengan baik.

Youth Entrepreneurship (YES!) didesain dalam beberapa aktifitas program diantaranya: pendidikan dan pelatihan, pemagangan, beastudi kewirausahaan, pendampingan dan fasilitasi pendirian usaha serta bantuan permodalan usaha.

Kebijakan strategis program YES! adalah mengembangkan kewirausahaan generasi muda dalam konteks industri kreatif. Dimana peserta program akan didorong dan dididik untuk mampu mendirikan dan mengembangkan usaha berbasis kreatifitas.

D. Struktur Organisasi LAZISMU Kota Cirebon

Wali Amanah

Drs. H. Kosasih Natawijaya, M.Pd.I

Drs. Otang Misbah, MSi

Dewan Syariah

Drs. Abdul Azis Fahrurozi, SH

Maedi, SH

Dewan Pengawas

Drs. Sukardi, ME, SY

Sri Darmanto, S.Sos. MP SSp

Badan Penguru

Direktur                          : Dakum

Divisi Penghimpunan     : Ismet Wijaya

Divisi Pendayagunaan   : Ridwan Widyawan


Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website